Kamis, 11 Oktober 2012

Perkembangan bahasa Indonesia di Luar negeri


sebagai bahasa persatuan karena Indonesia adalah negara kepulauan dengan beranekaragam suku, budaya, dan bahasa. Untuk menyatukan dan mempermudah komunikasi antarsuku yang memiliki beragam bahasa, maka ditetapkanlah bahasa Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa kita. Bahasa Indonesia digunakan Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Saat ini terdapat lebih dai 6500 bahasa yang di gunakan di seluruh dunia walaupun jumblahnya tidak terlalu benar, paling tidak kita mengetahui bahwa bahasa yang ada di planet bumi ini beranekaragam.Perkembangan bahasa indonesia di luar negeri menurut saya begitu pesat,Misalnya di Negara tetangga kita sendiri yaitu Malaysia,para artis dan actor Malaysia sudah mulai menggunakan bahasa Indonesia, bahasanya adalah bahasa Jakarta,misalnya bahasa mereka awak, kalau di artikan ke bahasa Indonesia adalah aku ,tetapi mereka sekarang ini sudah menggunakan bahasa Jakarta seperti LU dan GUA, berita ini saya dapat dari orang tua perempuan saya yang kebetulan berada di negera Malaysia menjadi TKI. Beliau sering melihatt berita infotainment tentang artis Malaysia,maka dari itu beliau tau bahasa mereka sehari – hari dilayar televisi.

Perkembangan bahasa Indonesia yang berada di luar negeri  selanjutnya adalah negara Australia yang berada di Australia barat, 187 sekolah (dasara dan menengah) dari 768 sekolah di Australia barat rata – rata memiliki mata pelajaran bahasa Indonesia. Umumnya bahasa Indonesia diajarkan satu kali seminggu mulai kelas 3 SD, tetapi beberapa sekolah sudah memulai pengajaran bahasa Indonesia dari kelas 2 SD sampai dengan 1 SD. Di sekolah tersebut pelajaran bahasa Indonesia adalah mata pelajaran wajib sampai dengan kelas 8. Mudah – mudahan bahasa Indonesia di sukai banyak orang di Negara luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar